Posted by : Criter Sabtu, 24 Maret 2012

Berbagai jenis tanaman herbal yang telah dikenal masyarakat sangat baik untuk digunakan sebagai obat herbal bagi penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi.  Sebelum kita bicarakan tentang bawang putih, terlebih dahulu kita ketahui dahulu tentang hipertensi atau tekanan darah tinggi.
Hampir sepertiga dari penderita darah tinggi tidak tahu bahwa mereka memiliki tekanan darah tinggi, oleh karena itu disebut silent disease. Penderita tekanan darah tinggi dapat selama bertahun-tahun tanpa mengalami gejala atau mengetahui bahwa mereka sebagai penderita hipertensi.
Beberapa tanaman herbal yang kandungannya dapat mengurangi bahkan mengobati penyakit darah tinggi antara lain:
Perubahan gaya hidup dan pengobatan herbal dapat membantu untuk mengontrol tekanan darah tinggi, tetapi berkonsultasi dengan dokter diperlukan untuk merekomendasikan obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi tidak diobati dapat merusak organ dalam tubuh dan meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, pendarahan otak, penyakit ginjal, dan kehilangan penglihatan.
Beberapa tanaman herbal yang kandungannya dapat mengurangi bahkan mengobati penyakit darah tinggi antara lain:
Bawang putih dapat digunakan sebagai obat herbal  yaitu untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi telah dilakukan melalui penelitian. Penelitian terhadap bawang putih yang telah dilakukan, yaitu dari tujuh percobaan, tiga percobaan menunjukkan penurunan yang signifikan pada tekanan darah sistolik dan empat pada tekanan darah diastolik. Para peneliti menyimpulkan bahwa suplemen bawang putih bubuk digunakan untuk pasien yang menunjukan gejala klinis dengan tekanan darah tinggi ringan.
Suplemen bawang putih hanya boleh digunakan di bawah pengawasan seorang praktisi kesehatan yang berkualitas. Bawang putih bisa mengencerkan darah (mengurangi kemampuan darah untuk membeku) yang mirip dengan aspirin. Bawang putih dapat berinteraksi dengan banyak obat dan suplemen seperti obat resep seperti Coumadin (warfarin) atau Trental (pentoxifylline), aspirin, vitamin E, gingko. Hal ini biasanya kepada pasien yang memakai bawang putih dianjurkan berhenti seminggu sebelum dan sesudah operasi. Bawang Bombay juga mempunyai khasiat yang sama dengan bawang putih.
Tanaman herbal lainnya yaitu daun salam (Syzigium polyanthum), mempunyai khasiat tanaman herbal untuk menurunkan darah tinggi, juga koesterol dan kadar gula darah; Rumput Laut (Laminaria japonica), mempunyai khasiat menormalkan tekanan darah, juga menurunkan kolesterol dan mencegah aterosklerosis; Ketimun
dengan kadar mineral potassium yang tinggi berguna untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi, serta berguna juga untuk mengurangi batu ginjal. Blewah, khasiatnya sama dengan ketimun yang kaya akan kandungan potassium, baik untuk mengurangi tekanan darah tinggi dan juga untuk masalah ginjal dan kandung kemih; Beberapa buah/tumbuhan yang mempunyai kandungan sama dengan ketimun/blewah yaitu: buah peach atau persik, strawberi, raspberi, dan wheat grass; Mengkudu (Morinda citrifolia L.) khasiatnya menurunkan tekanan darah tinggi, juga menurunkan kolesterol tinggi dan kadar gula darah; Temu Hitam (Curcuma aeruginosa Roxb.) yang efeknya melancarkan sirkulasi dan mencairkan gumpalan darah, dan menetralkan racun dalam tubuh.

sumber : tanamanherbal.info

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 criter - Shingeki No Kyojin - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -